Penunjukan Kepala SMAN 1 Garut Sebagai PLT Kepala SMAN 6 dengan Dalih Penghargaan Diralat Kepala KCD XI

Berita226 Dilihat

SUARA GARUTKepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan wilayah XI Garut, Aang Karyana baru-baru ini telah menunjuk Kepala SMAN 1 Garut, Sumpena Permana sebagai Pejabat Pelaksana Tugas (PLT) di SMAN 6 Garut.

Penunjukan Kepala SMAN 1 Garut sebagai PLT tersebut menyusul Kepala SMAN 6, Asep Suryana yang memasuki masa pensiun.

Sebelumnya, Kepala KCD Pendidikan wilayah XI Garut, Aan Karyana menyatakan bahwa penunjukkan Kepala SMAN 1 Garut sebagai PLT itu sebagai bentuk penghargaan, karena yang bersangkutan (Kepal SMAN 1 Garut) juga tak lama lagi akan pensiun.

Namun, pernyataan Kepala KCD XI itu diralat kembali. Menurutnya, kalau penghargaan itu bukan hal utama, yang jadi pertimbangan adalah soal jarak.

Baca Juga:Rio Motret Pilih Mundur, Buntut dari Dugaan Pelecehan Finalis Miss Universe

“Saya kan sudah sampaikan di awal wawancara pertimbangan kepsek SMAN 1 diusulkan jadi kepsek SMAN 6 dikarenakan kepsek yang paling dekat lokasinya. Jadi kalaupun merangkap dari segi jarak masih dekat itu pertimbangan paling utama. Pertimbangan lainnya ada, misalnya beliau (Kepala SMAN 1 Garut) dulunya pernah jadi kepsek di sana (SMAN 6 ) sehingga secara adaptasi lingkungan lebih mudah. Kalau pertimbangan penghargaan mau pensiun tidak menjadi hal utama itu mah kebetulan saja beliau sebentar lagi pensiun,” katanya, saat dihubungi suaragarut.com, Senin 7 Agustus 2023.

Semetara itu beberapa pihak, termasuk kalangan pengamat pendidikan di Kabupaten Garut menilai, terkait penunjukan Kepala SMAN 1 Garut sebagai PLT Kepala SMAN 6 Garut menyisakan kontroversi di tengah masyarakat.

Pasalnya, penujukan tersebut tidak memiliki parameter yang jelas. Kepala KCD XI Garut terkesan bimbang dalam memberikan penjelasan soal penunjukan PLT Kepala SMAN 6 Garut itu.

Sontak saja, penunjukkan PLT Kepala SMAN 6 yang dijabat oleh Kepala SMAN 1 Garut, Drs. Sumpena Permana SH, menuai kontroversi berbagai kalangan.

Ada dasar yang dilontarkan kepala KCD XI saat mengambil keputusan dimaksud, yakni jarak, yang bersangkutan pernah menjabat kepala definitif di SMAN 6 dan penghargaan bagi Drs. Sumpena Permana SH yang akan memasuki masa pensiun. 

Baca Juga:BREAKING NEWS! FIFA Pilih Stadion Manahan Lokasi Semifinal dan Final Piala Dunia U-17 2023

Belakangan, dalam wawancara kedua kalinya, ketika dikonfirmasi kenapa menghargai yang pensiun itu dengan diberi tugas tambahan, tercermin jawaban Kepala KCD Xi bimbang dan meralat alasan memberikan penghargaan menjelang pensiun bukan sebagai pertimbangan utama.

Ketiga dasar yang diungkapkan Kepala KCD XI itu, tentunya sungguh jauh dari ekpektasi masyarakat.

Hadirnya Kepala KCD XI sebagai Koordinator bidang Pendidikan dalam suatu wilayah tentu dalam posisi sebagai salah satu unsur pimpinan yang mestinya mengedepankan indikator kinerja, bukan yang lainnya.

Atau jangan-jangan KCD XI tidak memiliki standar baku dalam penunjukkan seseorang menjadi PLT Kepala Sekolah. (*)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *