Menarik! Ini Cara Singapura Mengelola Sampah

Berita234 Dilihat

SUARA CIANJUR –  Sampah memang selalu menjadi masalah utama diberbagai negara, termasuk Singapura. Menghadapi masalah terkait sampah dan limbah terus bertambah setiap tahunnya akibat pertumbuhan populasi dan konsumsi manusia yang meningkat. 

Negara tetangga ini dikenal sebagai negara yang disiplin akan kebersihan, bahkan sampah puntung rokok yang dibuang sembarang saja bisa membuat kamu kena denda. 

Pengelolaan sampah yang baik dan kerjasama antara masyarakat dengan pemerintah menjadi kunci utama dalam menyelesaikan masalah sampah. Dalam mengelola sampah, Singapura memiliki keunggulannya sendiri. 

Bayangkan saja, negeri singa tersebut membuang sampah dalam satu hari. Bagaimana cara melakukannya?

Baca Juga:Kisah Kepareng Dedengkot Panser Biru: Rela Cari Uang di Jalanan hingga Dipenjara Demi Dukung PSIS Semarang

Pertama, sampah yang ada akan dikumpulkan oleh petugas kebersihan, truk pengumpul sampah akan membawanya ke tempat khusus pengolahan yang dilengkapi dengan cerobong asap seperti pabrik. 

Didalam tempat tersebut, sampah dibakar (insenerasi) setiap hari tanpa henti menggunakan suhu 1000 derajat celcius hingga menjadi abu. 

Uniknya, abu hasil dari insenerasi tersebut diolah lagi menjadi sumber tenaga listrik bagi rumah penduduk. 

Asap yang dihasilkan dari pembakaran tidak langsung keluar dari cerobong asap, namun akan diproses dan disaring lagi sehingga asap yang keluar merupakan udara yang bersih, bahkan disebut sebagai udara yang lebih bersih dari udara yang aman dihirup oleh manusia. 

Selain itu, sisa abu dari pembakaran akan dibawa ke pulau buatan dan dibuang kedalam air khsus yang tidak mencemari lingkungan laut. 

Baca Juga:5 Tips Cara Memberikan Feedback yang Efektif ke Teman, Auto Diterapkan

Kecanggihan ini sebetulnya dapat diserap oleh Indonesia, dengan catatan seluruh lapisan masyarakat berkomitmen untuk saling bekerja sama. (*)

(*/Haekal)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *