M Bloc Fest 2023 Digelar di M Bloc Space dan Area Baru, Cari Tahu Yuk!

Berita133 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – M Bloc Fest menjadi festival industri kreatif tahunan. Kali ini dipersembahkan khusus oleh Evoria #ExplorAja menampilkan bidang seperti musik, seni, desain dan konten.

M Bloc Fest yang telah berlangsung sejak 23 September lalu hingga 15 Oktober mendatang di M Bloc Space, Jakarta Selatan. Kegiatan diramaikan oleh para talenta teranyar hingga kawakan dari berbagai bidang industri kreatif.

Berbeda dengan tahun lalu, gelaran M Bloc Fest kali ini akan menggunakan sebuah area luar ruangan baru berkapasitas sekitar 3.000 orang. Area tersebut merupakan bagian dari rencana pengembangan kawasan Peruri seluas 5,3 HA menjadi taman kota multi-fungsi.

“M Bloc Fest jadi bagian acara tahunan Jakarta yang menampilkan talenta-talenta muda. Dan karya-karya terbaik para musisi, band, seniman, konten kreator hingga pelaku industri kreatif lokal dan nasional,” ungkap Wendi Putranto selaku Program Director merangkap co-founder M Bloc Group kepada INDOPOS.CO.ID, Selasa (3/10/2023).

Ia menyebut, pada M Bloc Fest gelaran kedua secara berturut-turut akan ada festival desain M Bloc Design Week 2023 (23 September-8 Oktober 2023), festival budaya pop XNation (11-15 Oktober 2023), dan festival musik M Bloc Music Fest (14-15 Oktober 2023).

Di tempat yang sama, Yacobus Gatot S, Program Director dan Kurator M Bloc Design Week mengatakan, M Bloc Design Week (MBDW) merupakan pameran lintas disiplin desain mulai dari arsitektur, fashion, desain grafis, desain produk, dan fotografi. Lebih dari 80 kolaborator/studio berperan serta memamerkan hasil karya/produk desain.

“Berbeda dengan tahun lalu, MBDW 2023 diadakan di 6 kota di Indonesia yaitu, M Bloc Space, Pos Bloc Jakarta, Pos Bloc Medan, Fabriek Bloc (Padang), JNM Bloc (Yogyakarta), Lokananta (Surakarta) serta di venue kolaborator Uma Seminyak (Bali),” bebernya.

Ia menyebut, beberapa peserta pameran ditampilkan, di antaranya arsitek Andra Matin dan Yori Antar yang ikut memamerkan karya bangunan adaptive reuse-nya di Surakarta, Surabaya dan Jakarta. Ada juga fashion designer Oscar Lawalatta yang memamerkan karya daur ulang dari kain sisa, juga Studio Onix yang memperlihatkan hasil olahan puntung rokok menjadi benda- benda perabot kecil rumah tangga.

“Beberapa organisasi dan komunitas juga ikut mendukung gelaran MBDW 2023 ini, seperti Yogyakarta Young Architect Forum (YYAF), Komunitas Rambah Runtah dari Bantar Gebang Bekasi yang aktif membina perempuan di sana untuk mengolah sampah menjadi benang siap pakai, Komunitas Asosiasi Design Grafis Indonesia (ADGI),” ujarnya.

Xnation yang digelar 11-15 Oktober 2023 menjadi festival budaya pop satu- satunya yang melibatkan 100 persen kreator lokal di industri kreatif nasional. Xnation menjadi arena yang mempertemukan dan menyatukan berbagai komunitas, profesional, pelaku industri, geeks and nerds hingga kreator dari lini komik, gim, Manajemen kekayaan Intelektual (IP), Animasi, hingga Art Toys atau Mainan Seni yang dibuat oleh seniman.

“Melalui Xnation, kami ingin meramaikan Indonesia dengan komik, animasi, mainan, dan game hingga potensi tertingginya dengan harapan mampu menembus pasar dunia!” ujar Dennis Adhiswara selaku kurator program Xnation. (nas)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *