Ini 6 Properti yang Wajib Disiapkan Sebelum Pertunjukan Tari Kecak

Berita206 Dilihat

Kalian pasti sudah pernah mendengar mengenai Tari Kecak. Bahkan, mungkin sudah pernah menonton pertunjukan secara langsung.

Nah, saat menikmati tarian ini apa yang kalian pandang?

Tentu salah satunya adalah keunikan dari pernak-pernik yang dikenakan. Kira-kira properti apa saja ya yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan pertunjukan tari Kecak? Berikut ulasannya!

1.      Bara Api

Baca Juga:CEK FAKTA: Belasan Jaksa Dipecat Akibat Bersekongkol dengan Panji Gumilang

Bara api merupakan salah satu properti utama yang harus ada dalam pertunjukan Tari Kecak. Bara api ini nantinya, akan diinjak oleh tiap penari tanpa memakai alas kaki maupun hanya sekedar menggunakan kaki telanjang saja.

2.      Bunga Kamboja

Bagi masyarakat Bali, bunga kamboja merupakan sari alam yang bisa membawa pencerahan dan sari kebaikan. Bunga kamboja ini sering kali dimanfaatkan dalam berbagai upacara ritual khusus yang salah satunya yakni Tari Kecak. Bunga ini pada umumnya diselipkan di daun telinga para penari.

3.      Gelang Kerincing

Gelang kerincing mampu menghasilkan suara yang cukup keras untuk mengiringi alunan musik. Dalam Tarian itu, gelang ini hanya dikenakan pada kaki penari laki-laki yang menjadi Ramayana. Selain dipakai di area kaki, gelang kerincing juga dikenakan di area pergelangan tangan.

Baca Juga:CEK FAKTA: Jutaan Buruh Lengserkan Jokowi dari Istana

4.      Selendang Hitam Putih

Properti yang harus ada bagi para pengiring tarian Kecak yaitu Selendang hitam putih dengan memiliki motif kotak-kotak. Selendang hitam putih ini disematkan saat sedang menari. Kain yang dipakai tersebut memiliki makna yakni sebagai konsep Rwa Bhineda yang identik dengan warna hitam putih.

5.      Topeng

Properti Tari Kecak yang wajib digunakan berikutnya adalah topeng. Topeng ini digunakan oleh penari utama yang memiliki peran sebagai Hanoman, Sugriwa, dan Rahwana.

6.      Tempat Sesaji

Properti selanjutnya adalah tempat sesaji yang umumnya diletakkan di beberapa bagian tempat. Hal itu dipercaya bisa membantu mendatangkan keberuntungan dan menolak semua kesialan yang ada.

Nah, itu tadi beberapa properti yang harus disiapkan sebelum pertunjukan tari Kecak dimulai. Tujuannya tentu untuk menarik perhatian para penonton.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *