INDOPOS-PWI Gelar UKW ke-63, Ketua Pelaksana: Peran Media Tangkal Berita Hoaks

Berita111 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Ketua Pelaksana Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke-63 Juni Armanto mengatakan, pelaksanaan UKW PT Indonesia Digital Pos (IDP) dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya sudah berlangsung dua kali.

“UKW pertama ada selebrasi peserta di kapal milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP),” ujar Juni Armanto saat penutupan UKW di kantor PT IDP di Jakarta, Kamis (16/11/2023).

Ia menuturkan, pelaksanaan UKW pertama dilakukan di kantor PWI Jaya. Sementara pada UKW kali ini digelar di kantor PT IDP.

“Bagi peserta yang dinyatakan belum kompeten jangan berkecil hati. Masih ada kesempatan untuk mengulang setelah 6 bulan lagi,” ungkapnya.

Aro sapaan akrab Juni Armanto ini mengaku pernah mengalami kegagalan saat mengikuti UKW. Namun dengan motivasi dan semangat tinggi, bisa lulus dan dibuat kompeten.

“Tetap harus semangat dan jangan berkecil hati bagi peserta yang dinyatakan belum kompeten,” ucapnya.

Di masa politik saat ini, Direktur Konten PT IDP ini menuturkan, peran media sangat penting, terutama terkait berita bohong atau hoaks. “Jelang pemilu peran wartawan itu meluruskan terkait beredarnya berita hoax,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Komisaris Utama PT IDP Syarif Hidayatullah menambahkan, pasca kegiatan UKW peran media semakin besar. Sebab itu, perlu bergabung dalam organisasi profesi wartawan.

“Yang sudah UKW tugas selanjutnya berorganisasi bergabung dengan organisasi profesi. Sebab, untuk menjadi presiden pun mereka harus berpartai politik,” katanya.

Ia menyebut, PWI merupakan organisasi profesi wartawan terbaik di Indonesia. Ia berharap peserta UKW yang kompeten bisa bergabung di dalamnya.

“Ingin membesarkan media pun kita dituntut untuk berorganisasi. Ini tidak jauh berbeda di dunia politik,” ucapnya.

Diketahui, PT IDP kembali menggelar UKW untuk angkatan ke-63. PT IDP sendiri menaungi media online indopos.co.id, media online indoposco.id dan media cetak indoposco.
(nas)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *